Selasa, 29 Desember 2009

Triyaningsih Raih 2 Emas


Vientiane - Indonesia rupanya juga punya pelari andal putri di SEA Games XXV. Ia adalah Triyaningsih yang telah menyumbangkan dua emas bagi Indonesia dan juga mencatat rekor baru di lari 10.000 meter.

Jika di lintasan atletik, Indonesia punya bintang putra yaitu Suryo Agung Wibowo, di putri Indonesia juga punya Triyaningsih. Prestasinya tidak kalah hebat yaitu menjadi juara di nomor lari 5.000 meter dan lari di nomor 10.000 meter.

Triyaningsih juga memecahkan rekor SEA Games dengan waktu 32 menit 49,47 detik. Catatan waktu tersebut lebih baik dari rekor lama atas nama atlet Indonesia Supriati Sutono yang telah bertahan selama delapan tahun.

Mungkin orang tak begitu percaya dua emas disumbangkan dari pelari yang kecil dan mungil ini. Namun Wakil Ketua Kontingen Indonesia Joko Pramono menyebut Triyaningsih yang punya tinggi 146 cm dan berat hanya 37 kg, adalah 'Anak Ajaib'.

"Staminanya ekstra luar biasa. Dia memiliki tas stamina. Namun dia datang dengan persiapan untuk SEA Games Laos dan merebut dua emas plus rekor baru nasional dan SEA Games di 10000 meter," kata Joko di situs resmi SEA Games XXV.

Kini Triyaningsih pun telah memasang target tampil di Asian Games di Guangzhou, China tahun depan. Gadis kelahiran 15 Mei 1987 itu pun mengaku sudah melakukan persiapan dan juga diet yang ketat.

"Saya berlari 30 km sehari-hari, kecuali hari Minggu. Tak ada makanan berminyak, daging dan minuman es bagi saya. Diet saya terdiri dari ikan, sayur dan beras merah yang hanya ditemukan di Indonesia," ungkap pelari asal klub Lokomotif Salatiga.

"Saya akan mulai melakukan persiapan untuk Asian Games . Saya menang 10.000 meter dan 5000 m di Korat. Saya dapat mengulanginya di Laos tapi kali ini saya mendapatkan waktu baru dan rekor nasional di 10.000 m," tukas Tryaningsih. ( key / nar ) Reky Herling Kalumata - detiksport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar